BPBD Lotim Terjunkan Tim OTT untuk Amankan Rumah Warga


Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur (Lotim) berhasil mengamankan tawon yang meresahkan warga Lingkungan Lauk Masjid Kelurahan Pancor Kecamatan Selong. Bahkan untuk maksimalisasi penanganan, BPBD Lotim menerjunkan tim khusus yang dinamakan Tim Operasi Tangkap Tawon (OTT).

LOMBOK TIMUR, OttNews.id– Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim, Iwan Setiawan mengatakan pihaknya mengerahkan Tim OTT untuk memusnahkan tawon ganas yang meresahkan pemilik rumah dan warga sekitarnya.

Tim OTT itu, turun ke lapangan atas dasar laporan warga, bahwa di rumah warga atas nama Hj. Khadijah di Lingkungan Lauk Masjid Kelurahan Pancor bersarang tawon ganas yang dapat membahayakan.

“Laporan masuk pukul 14:20 wita dan operasi pukul 14:30 wita,” ujar Iwan Setiawan.

Disebutkan, untuk mengamankan tempat itu diturunkan 4 anggota Pemadam Kebakaran Pos A Induk Sukamulia. Tim langsung menuju lokasi dan melakukan asesment. Tim kemudian bergerak sigap dan berhasil mengamankan tawon tanpa ada jadi korban.

Lebih lanjut dikatakan Iwan, saat ini tim BPBD terus dalam keadaan siaga sehingga kalau ada kejadian di masyarakat dapat bergerak cepat terutama cuaca di musim kemarau seperti saat ini yang cukup rawan dengan kebakaran.

“Melihat potensi terjadinya kebakaran di wilayah Kabupaten Kombok Timur, maka telah diaktifkan pos pemadam kebakaran di Kecamatan Terara, Keruak, Pringgabaya, Sambelia. Tinggal Pos Kecamatan Sembalun yang belum aktif karena masih kurangnya armda dan personel untuk ditempatkan di pos tersebut,” ucapnya.

Ia menyebutkan, kesiapsiagaan tim sangat penting untuk aktifasi pos pemadam kebakaran tersebut agar memenuhi standar operasional prosedur (SOP) 15 menit sampai lokasi terjadinya kebakaran, serta memudahkan koordinasi dan penanganan bencana lainnya. (OTT 04)

Berita Terkait:   BPBD Lotim Usulkan Tambahan RTG Baru, Realisasi Tahap Pertama Tidak Tahu