Hasil Pansel Hanya Dijadikan Pilihan, Jabatan Tergantung Kedekatan ?


Hari ini, Pansel mulai lakukan uji kompetensi terhadap 35 pejabat eselon ll di lingkup Pemda Lotim. Pansel hanya melaporkan hasil untuk dijadikan pilihan, keputusan ada di tangan pembina kepegawaian

Lombok Timur, OttNews.id– Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur (Lotim), Drs. H.M. Juani Taofik, M.A.P., umumkan pelaksanaan Pansel bagi pejabat eselon ll.

Pelaksanaan seleksi uji kompetensi pejabat eselon ll di lingkup Pemda Lotim mulai dilaksanakan, tes tersebut akan dilakukan oleh Tim Pansel yang diklaim independen.

“Kita pastikan unsurnya independen, ada dari akademisi, kita berkerjasama dengan Unram dan unsur tokoh masyarakat kita ambil dari mantan Sekda kita dulu, kita tau profilnya, beliau paham betul tentang dunia birokrat,” tegas Sekda.

Total sejumlah 35 pejabat eselon ll akan menjalani ujian dari Tim Pansel. Adapun poin dasar utama penilaian oleh Pansel menurut Taofik adalah laporan kinerja dan penguasaan indikator kompetensi fungsional kepegawaian, guna menghasilkan pucuk pimpinan SKPD yang kapabel.

“Tujuan utama dari ujian kompetensi ini adalah menghadirkan pejabat pimpinan tinggi pratama yang punya kompetensi sesuai dengan jabatan yang diemban. Intinya yang jelas the right man, the right job,” tegas Sekda.

Taofik melanjutkan, mengenai penentuan keputusan seorang pejabat ditunjuk untuk posisi jabatan SKPD tertentu, merupakan keputusan mutlak pejabat pembina kepegawaian, sedangkan hasil Tim Pansel hanya menyediakan pilihan.

“Di dalam PP 11 tahun 2017 tentang manajemen Aparatur Sipil Negara, pejabat pembina kepegawaian tidak bisa langsung menggunakan kewenangannya, tapi diserahkan kepada Pansel yang telah ditunjuknya untuk menyiapkan pilihan, tapi tetap keputusan ada di pejabat pembina kepegawaian,” pungkasnya. (Red)

Berita Terkait:   Disaat Rapid Tes, Kasat Narkoba: Kami Targetkan 3 Hari Kedepan Tersangka Ditangkap