Jelang Berlakunya Perda, Forkompinda Lotim Gelar Razia Masker


Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lombok Timur (Lotim) langsungkan razia masker, untuk sosialisasi dan tingkatkan disiplin masyarakat jelang diberlakukannya Peraturan Daerah (Perda) NTB Nomor 7 Tahun 2020 pada Senin mendatang.

LOMBOK TIMUR, OttNews.id– Sekertaris Daerah (Sekda) Lotim, H. Juaini Taofik dalam kesempatan itu menyampaikan jika razia penggunaan yang dilakukan bertujuan untuk menciptakan disipilin masyarakat, untuk menggunakan masker. Karena pada hari Senin mendatang Perda NTB No. 7 tahun 2020 tentang penaggulangan penyakit menular Covid-19 akan berlaku, di mana di dalamnya mengatur juga tentang sanksi denda bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker.

‘’Saat ini kita bagi-bagi masker sekaligus melakukan razia yang tidak pakai masker, menindak
lanjuti Perda nomor 7 Tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit menular covid-19, pada hari senin 14 september mendatang Perda ini berlaku serentak di wilayah Nusa Tenggara Barat, jadi yang tidak menggunakan masker akan didenda,’’ katanya, Kamis, (10/09/2020)

Taofik melanjutkan, dalam norma Perda tersebut, sanksi bagi masyarakat tidak berlaku sama. Tapi ada perbedaan besaran denda antara masyarakat, ASN dan anggota TNI/Polri.

“Bukan masyarakat saja yang didenda, ASN juga yang tidak pakai masker dendanya dua kali lipat, pada hari senin mendatang, kalau masyarakat biasa yang tidak pakai masker akan didenda 100.000, kalau ASN yang tidak menggunakan masker di saat jam kerjanya maka dendanya 250.000,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Lotim, AKBP. Tunggul Sinatrio menyatakan jika kegiatan razia dan pembagian masker ini, dilaksanakan serentak oleh Pemprov NTB. Dan di Lotim sendiri pembagian masker dilakukan di 21 kecamatan secara serentak, dengan jumlah 50.000 masker.

“Kegiatan ini ialah razia masker sekaligus pembagian masker yang dilaksanakan secara serentak oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, sementara di Lombok timur pembagian masker ini dipusatkan di tiap-tiap kecamatan yaitu di 21 kecamatan yang ada di Lombok Timur, masker yang dibagi ini sebanyak 50.000 masker dan dibagi ke semua kecamatan,” tuturnya. (OTT 04)

Berita Terkait:   Putus Mata Rantai Covid19, Satlantas Polres Lotim Gelar Giat Sosial