Lomba Kampung Sehat, Desa Sukarema Optimis Melaju Ke Tingkat Provinsi


Lomba Kampung Sehat “Nurut Tatanan Baru” (NTB) yang diinisiasi oleh Polda NTB beserta Pemerintah Provinsi NTB dan TNI, merupakan suatu terobosan yang diharapkan mampu mengurangi pertumbuhan covid-19 utamanya di wilayah Provinsi NTB.

Melalui lomba kampung sehat ini menjadi sebuah momentum bagi masyarakat untuk bagaimana menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah yang mampu disesuaikan dengan situasi dan kondisi kampung setempat.

Melibatkan masyarakat dalam mitigasi penanganan covid-19 dari sisi kesehatan, keamanan, sosial, serta ekonomi yang diwujudkan dalam upaya membantu masyarakat dalam mempertahan ketersediaan pangan, kebutuhan bahan pokok sehari-sehari yang menjadi ujung tombak sosial bermasyarakat.

Sudah hampir 3 bulan berjalan lomba kampung sehat masih tetap berlanjut, ada sekitar 1.136 desa yang tersebar di seluruh Provinsi NTB ikut bersaing dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Desa Sukarema mewakili Kecamatan Lenek kali ini maju ke tingkat Kabupaten Lombok Timur, yang dimana acaranya berlangsung kemarin (27/9/2020). Lokasi penilaian dipusatkan di Kantor Desa Sukarema untuk kelengkapan administrasi dan Wilayah Dusun Ma’la sebagai tempat bukti fisik kampung sehat.

Iptu H. Irpan yang merupakan perwakilan tim juri sangat mengapresiasi suasana penyambutan yang penuh hikmat dalam suasana apel di tengah terik matahari halaman kantor desa.

“Kami mengapresiasi penyambutan yang sangat luar biasa, dari sisi penilaian kelengkapan administrasi kelembagaan yang masih kurang silahkan dilengkapi, dengan kegiatan ini diharapkan semakin menyadarkan masyarakat akan budaya hidup bersih dan sehat dengan tetap pada protokol kesehatan supaya terhindar dari penyebaran convid-19 lanjut Iptu H. Irpan.

Sebagai upaya untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat, Iptu I Made Sutama Kapolsek Aikmel selaku tuan rumah akan tetap berupaya dan terus mengkampanyekan penggunaan masker sebagai kebutuhan pokok dalam aktifitas keseharian masyarakat.

Berita Terkait:   Beroperasi Di Masa Pademi, Polisi Tegur Pabrik Jagung

“Dengan segala keterbatasan kami kami berharap tim juri dapat menilai secara objektif berdasarkan apa yang beliau-beliau lihat dan saksikan, kami siap membenahi serta melengkapi apa-apa yang masih kurang dengan harapan desa kami bisa mewakili kabupaten ke tingkat prinvinsi”. terang Kapolsek Aikmel.

Kepala Desa Sukarema H. M. Tahir selaku tuan rumah juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan tim juri yang menyempatkan hadir dalam rangka penilaian lomba kampung sehat, beliau berharap semoga desa sukarema dapat melaju ke tingkat provinsi.

“Desa kami siap jika diberi kesempatan untuk mewakili kabupaten lombok timur ke tingkat provinsi”. tandas kepala desa tersebut. (Kontributor CR)