Peringati Hari Lahir Pramuka, Pemda dan Kwarda Lotim Gelar Apel Siaga


Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) bersama Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Lotim laksanakan apel peringatan hari jadi Pramuka ke 59 di lapangan komplek Kantor Bupati Lotim. Peringatan hari Pramuka tahun ini mengangkat tema “Peran gerakan pramuka ikut membantu dalam penanggulangan Bencana covid-19 dan bela negara”.

LOMBOK TIMUR, OttNews.id– Sekda Lotim, Drs. H.M. Juani Taofik, M.A.P., selaku inspektur upacara, dalam apel peringatan hari Pramuka, membacakan amanat Ketua Kwartir Nasional gerakan Pramuka Komjen (Purn) Drs. Budi Waseso.

Dalam amanatnya, Taofik menyampaikan, “gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan yang fokus kepada pendidikan bagi anak-anak dan remaja, akan tetapi gerakan pramuka tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat, dan pembangunan masyarakat,” paparnya, Jum’at, (14/08/2020).

Ditambahkannya, dalam amanat upacaranya, “di tingkat Kwartir Nasional telah dibentuk satuan tugas penanggulangan bencana dan Covid-19, sementara di jajaran Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, Kwartir Ranting, sampai Gugus Depan, berbagai satuan Pramuka peduli juga ikut bergerak bersama pemerintah dan masyarakat melawan wabah Covid-19 dan membantu penanggulangan bencana alam,” ungkapnya.

Selain itu, sebagai bentuk penyesuaian gerakan Pramuka, Budi Waseso dalam amanatnya yang dibaca oleh Juani, semua kegiatan ke-Pramukaan tetap didasarkan atas standar protokol Covid-19.

“Bencana alam dan wabah Covid-19 telah membuat aktivitas masyarakat nyaris terhenti, tidak mempengaruhi latihan dan pembinaan. Saat Pandemi ini kegiatan Pramuka diganti dengan latihan dan pembinaan tatap muka dalam jumlah terbatas dan mematuhi protokol kesehatan, maupun dengan berbagai kegiatan daring,” ulasnya.

Kegiatan demikian, dinilai berhasil menyatukan anggota Gerakan Pramuka hingga dari seluruh Indonesia, bahkan di seluruh dunia.

Poin lain dalam amanat itu adalah pentingnya revisi atas Undang-Undang No. 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka guna memberi ruang gerak menggali sumber pendanaan dengan pengelolaan aset yang lebih baik, menjadi landasan yuridis dukungan keuangan pemerintah yang lebih tepat sasaran, dengan pembentukan satuan kerja (satker) tersendiri, langsung di bawah bapak Presiden. (OTT 04)

Berita Terkait:   Persempit Sebaran Covid19, Camat Aikmel Intens Sosialisasi