Pungli Bantuan BST Kepala Dusun Paok Pondong Lauk di Ringkus Polisi



LOMBOK TIMUR, OTTNews.id- Selong, di rumah kadus Paok Pondong Lauk Unit Tipikor Sat Reskrim Polres Lombok Timur melakukan penangkapan terhadap dugaan Tindak Pidana Pungli bantuan pemerintah, berupa Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial yang dilakukan oleh Kepala Dusun Paok  Pondong Lauk an HM, 39 th, Dusun Paok Pondong Lauk Desa Lenek Tengah Kec Lenek Kabupaten Lombok Timur, Rabu,10/06/ 2020 sekitar jam 13.00 Wita.

Kapolres Lombok Timur melalui Kasat Reskrim Polres Lombok Timur, AKP. Daniel P. Simangunsong, S.I.K, membenarkan bahwa anggotanya telah melakukan penangkapan terhadap pelaku HM, als Amq, SAOSAN, 39 th, Dusun Paok Pondong Lauk Desa Lenek Tengah Kec Lenek Kab Lotim, Ujar, Kasat Reskrim Polres Lotim, AKP. Daniel.

Kasat Reskrim Polres Lombok Timur , AKP Daniel. Juga menjelaskan kronologis kejadiannya. Berawal pada saat pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) bulan Mei korban yang merupakan penerima manfaat bersama dengan 17 orang penerima manfaat yang lainnya dikumpulkan oleh pelaku di rumah pelaku untuk diberitahukan agar dari jumlah bantuan yang besarnya Rp 600.000 dipotong sebesar Rp 100.000 untuk dibagikan kepada warga yang tidak menerima bantuan.

Sehingga pelaku  ancam, jika korban tidak mau memberikan akan dicoret namanya dari daftar penerima manfaat. Kemudian korban yang belum mau memberikan didatangi oleh pelaku ke rumah korban dan dipaksa untuk memberikan uang potongan tersebut.

” Pelaku tertangkap tangan sedang menerima uang sebesar Rp 100.000 dari korban yang merupakan potongan Bantuan Sosial Tunai (BST) dirumah pelaku,” tegasanya.

Barang bukti yang berhasil di amankan, uang tunai sebesar Rp 100.000 ditangan pelaku. Uang tunai hasil pungutan dari penerima manfaat lainnya sebesar Rp 1.050.000 didalam kantong pelaku.

Berita Terkait:   Shalawat Tibbil Qulub Bersenandung Di Acara Polres Lotim Jumpa Jurnalis

Rekap nama penerima manfaat yang sudah dipungut, datar penerima manfaat BST Dusun Paok Pondong Lauk. Daftar penerima bantuan pemerintah di Dusun Paok Pondong Lauk.

Saat ini pelaku dan barang bukti diamankan di Polres Lombok Timur guna pengembangan dan proses hukum lebih lanjut. (Red)